Jumat, 02 Januari 2009

BIKIN MIO IRIT DAN KENCENG (bag I)

Pake mio emang nyaman, tinggal betot gas langsung ngacir, ngga perlu nginjek perseneling atau narik kopling. Cocok banget buat cewek, walaupun banyak juga cowok yang pake tapi banyak yang ngeluh kalo mio itu boros, ada juga yang bilang mio tenaganya kurang galak. Kalo mau mio kamu lebih irit tapi kenceng bisa coba trik yang saya kasih.

Triknya adalah optimalisasi tiga bagian kendaraan, yaitu mesin, pengapian dan tranmisi (CVT), juga aplikasi alat penghemat BBM. Saya sudah coba di mio saya, dan hasilnya, mantab! Motor makin kenceng, tapi irit.

Bagian I: Mesin
Targetnya adalah optimalisasi pasokan bahan bakar ke combustion chamber.

Porting-Polishing
Menghaluskan saluran masuk/ intake manifold dan saluran buang/ exhaust manifold (porting-polishing) sehingga aliran bahan bakar lebih lancar masuk ke ruang bakar, dan gas buang lebih cepat terbuang dari ruang bakar. Untuk saluran masuk jangan terlalu halus cukup dihilangkan bagian- bagian yang dapat menghambat aliran bahan bakar, karena tekstur pada intake manifold masih diperlukan untuk memecah bahan bakar yang masih berupa gumpalan agar tercampur dengan udara. Ini bisa menaikan tenaga mio kamu sekitar 5%.

Klep & per klep
Klep perlu di skir agar tidak ada kebocoran kompresi, bila mau bisa diganti dengan klep racing, di pasaran ada merek
TK yang mempunyai desain gagang yang lebih optimal menyalurkan bahan bakar.
Per klep perlu diganti dengan per yang lebih keras, bisa menggunakan per klep racing merek CLD, harganya sekitar Rp. 120.000. sehingga buka- tutup klep lebih optimal, karena pada RPM tertentu klep masuk dan buang terbuka pada waktu yang hampir bersamaan ini mengakibatkan mesin ngempos, atau terjadi knocking. Ini bisa menaikan tenaga mio kamu sekitar 5% dan menghemat bahan bakar sekitar 5%.

Karburator
Karburator mio menggunakan system vacum, yaitu buka-tutup skep diatur oleh kevakuman pada intake manifold. Masalah yang sering terjadi adalah karet vakum lemah atau skep yang terbuat dari plastik tergores sehingga buka-tutup skep terganggu. Periksa bagian ini apabila terdapat gejala seperti di atas sebaiknya skep dan karet vakum diganti, sekalian juga ganti spuyer dan baut setelan, karena biasanya pada bagian ini komponen sudah tidak presisi lagi. Biar lengkap beli aja repair kit karburator untuk mio, harganya sekitar Rp.20.000. Apabila bagian ini sudah oke, mio kamu bisa hemat bahan bakar sekitar 7-12%.



25 komentar:

  1. oke juga tuh tipsnya

    BalasHapus
  2. Butuh duit berapa brow buat bikin mio jadi kayak gitu...

    BalasHapus
  3. Pusing nih dengan Mio ku ,beberapa minggu terakhir mbrebet terus, dah ganti bengkel ke mana- mana penyakit nggak bisa hilang. enaknya di apain ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibakar aj mionya..hahahah

      Hapus
    2. lg bawanya di bngkel tmbal ban si jd gabisa !! bawa ke gue sini mio lu bisa di apain aja !!

      Hapus
  4. kalo me-repair kit karburator utk mio itu dmn yaa ? soalnya karbu saya vacuumnya udah gg beres .

    BalasHapus
  5. wah pake alat pengirit BBM model magnet seh mang uirit bin uenteng tarikannya tp jd sering mogok bro??pa salah masang x ya?slnya dah dicoba dibalik hasil ttp mogokan-da yg blg komponen dlm saluran alat pengirit bbmnya kesumbat sstu,,masalahnya tu alat g bs dibuka bro?!
    ne mio pk koil racing-noken as K-1,roller 9 g dah lumayan enteng tp irit 3%,rencana mo di+ cdi BRT hyperband ma busi iridium.brarti ne kurang porting-polish ya bos?

    BalasHapus
  6. Apa ada efek sampingnya?

    BalasHapus
  7. top lah tapi bro...buat spuyer nya sendiri harus di ganti jangan?

    BalasHapus
  8. Mau tanya om, gimana ya klo memasang mika d.bagian selebor mio itu kan karbu saya,saya gnti, pusing dari kemaren2 susah mau d.bautkan mananya?

    BalasHapus
  9. punya recomend bengkel gak mas bro...

    BalasHapus
  10. Paten juga tips_a...........
    Cuma aq kurang paham jja sma motor matic........
    Tpi ntar qu usahakan ntuk lbih memahami_a.......

    BalasHapus
  11. kalo di itung persen persen gantinya..bs 100% hematnya..???ckckck raumum pintere.

    BalasHapus
  12. lebih ajip lg pake seher ukuran 58,5, noken as pake kawahara aja yg k2 , pasti tuh mio nyeruntul trus dah :D

    BalasHapus
  13. mioku boros pisan tiap hari ngabisin nasi 3 piring terus sering kentut lagi wk wk wk

    BalasHapus
  14. Askum bro smwa...w mw tnya nh..mio gwe sring bngt mbrebet n trikan'y jga brat..
    Pdhal cvt'y dah w gnti yg 1500 n lorer'y pke yg 11grm..

    Bls

    BalasHapus
  15. Wah ini dia master Mio, makasih Infonya sangat berguna, apalagi jarak tempuh ke kantor yang jauh, dengan motor mio yang sering knock benar2 terasa menghambat perjalanan (akselerasi).

    BalasHapus
  16. mampir ya ke http://frekzoom.blogspot.com

    BalasHapus
  17. maaf nich gua mau tanya, gua khan udh pke roller yg 6gr sma 9gr trz CVT' y jga pke yg 1000rpm, tpi klw d tarik msih ogah2an, tolong d bantu yua,,

    BalasHapus
  18. jangan lupa berdo'a

    BalasHapus
  19. ada sih cara bikin irit, cma feformanya kurang . 1 liter bensin dapat menempuh sekitar 80km....

    BalasHapus
  20. Buat yang lagi nyari part racing
    Mampir bro ke blog kita Blog Advie Motor Racing Shop Dan Juga Website kita Advie Motor Racing Shop

    BalasHapus