Bagian III: Tranmisi (CVT)
Urusan mesin dan kelistrikan udah oke, giliran CVT yang jadi target operasi. Tujuannya adalah mengurangi Power Lost, bagian yang bisa di upgrade antara lain:
Roller weight
Part ini posisinya ada di balik puli depan (primary sliding shave) jumlahnya ada 6 buah, berat yang standar adalah 10,6 gram, kalau pakai bobot yang lebih ringan dari standar, efeknya akselerasi di putaran bawah jadi lebih enteng, kalo pake yang lebih berat untuk mengejar top speed, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000.
Rumah roller (Primary sliding shave)
Part ini sebagai tempat roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas lalu kemudian dipoles menggunakan autosol, sehingga alur menjadi licin. Efeknya roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan. Kalo mau lebih praktis bisa beli merek Kitaco. Dalam satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr).
V- Belt
Pakai belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga bisa mengurangi power lost. Belt aftermarket yang beredar berkisar antara Rp. 80.000. hingga Rp. 250.000. Cara ini bisa meningkatkan tenaga sekitar 5% dan bahan bakar lebih hemat 8-10%
Per CVT
Bisa diganti dengan yang tekanan pegasnya lebih keras, efeknya akselerasi menjadi lebih galak. Bisa juga dengan cara mengganjal per CVT standar, namun cara ini tidak direkomendasikan. Per CVT aftermarket di pasaran berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. !00.000, sedangkan model pengganjal harganya Rp. 70.000.
Kopling Sentrifugal dan teromol
Cara kerja kopling sentrifugal (KS) CVT, hampir sama dengan KS pada motor bebek, bedanya pada
Bagian IV: Aplikasi alat penghemat BBM
Agar lebih irit lagi bisa juga pasang alat penghemat BBM, yang sudah terbukti dapat menghemat BBM hingga 60%, alat yang bisa dipasang antara lain:
Magnet penghemat BBM
Bisa menggunakan produk Ring Diesel-Bensin Type R khusus untuk sepeda motor. Cara kerjanya adalah menyelaraskan ion-ion positif dan negative yang terkandung dalam bahan bakar, sehingga ion-ion tersebut tersusun rapi. Kalori bakar bahan bakar naik karena magnet akan memperbaiki kualitas bahan bakar. Pada produk ini juga menggunakan cairan
Oksigen katalisator
Alat ini sebenarnya untuk mobil namun bisa juga dipasang di motor, berupa lempengan yang dipasang pada filter udara. Mereknya Jet Magic. Cara kerjanya adalah meningkatkan kandungan oksigen pada udara yang masuk ke karburator sehingga dapat mencapai air-fuel ratio yang ideal dan pembakaran menjadi lebih optimal. Bisa menghemat BBM sekitar 10%.
Hidrogen on Demand System
Alat ini bekerja dengan proses elektrolisis, yaitu menguraikan air (H2O) menjadi gas HHO atau sering juga disebut Brown Gas. Alat ini disebut electrolizer bisa juga disebut generator hydrogen. Alat ini menghasilkan hydrogen dengan cara mengalirkan arus listrik pada media air yang mengandung larutan elektrolit. Gas HHO yang dihasilkan akan dihisap ke ruang bakar melalui intake manifold sehingga bercampur dan berikatan dengan bahan bakar dan dapat meningkatkan daya ledak bahan bakar hingga 3,8 kali. Efek yang dihasilkan adalah tenaga lebih besar, bahan bakar lebih irit, mengurangi emisi gas buang karena hasil pembakaran hydrogen dan oksigen akan menghasilkan air (H2O) bukan karbondioksida (CO2), yang berbahaya bagi lingkungan. Untuk lebih lengkapnya nanti saya akan ulas pada bahasan tersendiri. Hasil uji coba pada mio saya, bisa meningkatkan tenaga hingga 20% dan menghemat BBM hingga 60%. Alat ini sudah ada yang menjual dengan harga sekitar Rp. 350.000. Namun saya membuat sendiri alat ini.
Mungkin itu yang bisa saya bagi buat para pengguna mio. Hasilnya mungkin akan berbeda pada setiap motor, karena dipengaruhi oleh kondisi motor sendiri dan cara mengendarai sepeda motor. Namun sekecil apapun penghematan, berarti kita sudah berperan untuk menyelamatkan Bumi dengan mengurangi emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar minyak yang persediannya terbatas.
Makasih Infonya !!
BalasHapusIjin ngeprint Bro !!
mas klo ganti per ctv yg lebih keras bisa pake punya apa, ato klo ada merk n pabrikan mana yang bagus n cocok............... thanks
BalasHapuswah, hebat banget boss postingannya, eh Boss, kalo bisa, tilong dong cepet diposting yang HYDROGEN ON DEMAND SYSTEM nya, hamba sayang tertarik dengan yang itu.....
BalasHapusaku tunggu secepatnya ya boss
ato kirim aja ke fat99_dotcom@yahoo.com
bRo,,thx dah mmpir... lanjut lagi baca ahh..
BalasHapuskeep posting sob.. it's so usefull
kalo mau bore up, brapa yang lbih pas untuk mio, biar gag terlalu gde....
BalasHapustau harga cdi tdr ga yang bwat mio
BalasHapushidrogennya bikin sendiri???
BalasHapusbisa minta di bikinin?
lokasi bandung...
thanks...
kalo di rincikan,kira2 brpa dana yang dihabiskan ?
BalasHapusBro, detail datanya!!! manfaat bgt.Kalo gw cuma ganti Oli aja pake oli premium. Sejak awal Mio baru gress udah drain oli pabrikan ganti sama Petro Canada yang DUron XL, lumayan mahal sih tapi sampe sekarang tarikan lumayan ok, oli ganti tiap 10.000km (spek 20.000), pemakaian antara 1:35 - 1: 45 tgtg kondisi pemakaian. Standar Mio berapa sih? gw denger 1:30 bener gak?
BalasHapusboz mAGNetnya thui taruh mna????
BalasHapuswah thaks saranny gan.sangat bermanfaat untuk saya itu
BalasHapusMenurut saya selain aspek mesin, untuk penghematan penggunaan BBM juga sangat terkantung perilaku berkendara, khususnya untuk Motor matik, perilaku yang suka menggeber gas secara tiba2 cenderung mengakibatkan BBM lebih boros,jadi lebih baik menaikkan gas secara perlahan.
BalasHapusUntuk Peralatan tambahan seperti Magnet Penghemat BBM juga sangat membantu, saya lebih prefer memakai merk XPOWER yang harganya hanya berkisar 145rb-an, kualitas ok, dan bergaransi.
seher seher pha broe n klep apha brow
BalasHapuskenapa mio ku setelah ganti roler yg 8gram , akselerasi cuuman nambah dikit , sama top sped cuman sampai 90.an .. biasanya sebelum diganti sampai 100 ..
BalasHapusada saran ngga supaya akselerasi mio kuu bagus
ganti z broo dengan motor scorpioX 179.km/jam ku mw g
Hapuskalo' mau maen top speed pake roller yang berat, kalo' yang ringan untuk akselerasi
HapusSangat Jelas & Detail......
BalasHapusUntuk Yamaha Xeon di tunggu bahasannya Bro....
Tks_ya
▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▓███▓
▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▓█▓▓██▓
▒╔╗╔╗╔╦╗▒▒▒▒▒▒▒▓█▒▒███▓
▒╠╣║║╠╣╠╦═╗▒▒▒▒▓███▒▒█▓
▒║║║╚╣║═╣╩╣▒▒▒▓██▒▒▒█▓
▒╚╝╚═╩╩╩╩═╝▒▒▓█▓░▒▒▒█▓
▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒█▓
▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒██▒
▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒██▓
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒██████████████▓
██████████▓▒▒▒▒▒▒▒▒▓███████████████
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒██░█░░░░░░░▓█
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▓█▓▓▓▓▓▓▓▓▓██
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒████████████
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒██░█░░░░░░░▓█
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▓█▓▓▓▓▓▓▓▓▓██
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒████████████
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒██░█░░░░░░░▓█
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▓█▓▓▓▓▓▓▓▓▓██
██████▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒███████████
██████▒▒▒▒▓█▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒██▒█▒▒▒▒▒▒▒▓█
█████████████▓▒▒▒▒▒▒▒▒▒▓█▓▓▓▓▓▓▓▓▓██
██████▒▒▒▒▒▒▒▓████████████████████
kenapa mio saya bro putaran mesin harus tinggi baru bisa jalan, tapi setelah jalan tarikanx besar bahkan mio saya dipake boncengan bisa mengalahkan mio tanpa ada boncengannya ?
BalasHapusuntuk honda beat bisa di uji juga gan ....?
BalasHapustpi kok mio w 58an enak bngt standaran bozz ...
BalasHapusdi sini lebih lengkap,.!!
BalasHapushttp://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2011/04/04/trik-mio-lari-kenceng/
dengan isi artikel yang sama persis, dilengkapi gambar pula,..
buat mio j bisa nggk bos?
BalasHapusmantabss brooo
BalasHapusTerimakasih mas brow... sangat bermanfaat...bisa di coba moga real...
BalasHapus