Jumat, 02 Januari 2009

BIKIN MIO IRIT DAN KENCENG (bag I)

Pake mio emang nyaman, tinggal betot gas langsung ngacir, ngga perlu nginjek perseneling atau narik kopling. Cocok banget buat cewek, walaupun banyak juga cowok yang pake tapi banyak yang ngeluh kalo mio itu boros, ada juga yang bilang mio tenaganya kurang galak. Kalo mau mio kamu lebih irit tapi kenceng bisa coba trik yang saya kasih.

Triknya adalah optimalisasi tiga bagian kendaraan, yaitu mesin, pengapian dan tranmisi (CVT), juga aplikasi alat penghemat BBM. Saya sudah coba di mio saya, dan hasilnya, mantab! Motor makin kenceng, tapi irit.

Bagian I: Mesin
Targetnya adalah optimalisasi pasokan bahan bakar ke combustion chamber.

Porting-Polishing
Menghaluskan saluran masuk/ intake manifold dan saluran buang/ exhaust manifold (porting-polishing) sehingga aliran bahan bakar lebih lancar masuk ke ruang bakar, dan gas buang lebih cepat terbuang dari ruang bakar. Untuk saluran masuk jangan terlalu halus cukup dihilangkan bagian- bagian yang dapat menghambat aliran bahan bakar, karena tekstur pada intake manifold masih diperlukan untuk memecah bahan bakar yang masih berupa gumpalan agar tercampur dengan udara. Ini bisa menaikan tenaga mio kamu sekitar 5%.

Klep & per klep
Klep perlu di skir agar tidak ada kebocoran kompresi, bila mau bisa diganti dengan klep racing, di pasaran ada merek
TK yang mempunyai desain gagang yang lebih optimal menyalurkan bahan bakar.
Per klep perlu diganti dengan per yang lebih keras, bisa menggunakan per klep racing merek CLD, harganya sekitar Rp. 120.000. sehingga buka- tutup klep lebih optimal, karena pada RPM tertentu klep masuk dan buang terbuka pada waktu yang hampir bersamaan ini mengakibatkan mesin ngempos, atau terjadi knocking. Ini bisa menaikan tenaga mio kamu sekitar 5% dan menghemat bahan bakar sekitar 5%.

Karburator
Karburator mio menggunakan system vacum, yaitu buka-tutup skep diatur oleh kevakuman pada intake manifold. Masalah yang sering terjadi adalah karet vakum lemah atau skep yang terbuat dari plastik tergores sehingga buka-tutup skep terganggu. Periksa bagian ini apabila terdapat gejala seperti di atas sebaiknya skep dan karet vakum diganti, sekalian juga ganti spuyer dan baut setelan, karena biasanya pada bagian ini komponen sudah tidak presisi lagi. Biar lengkap beli aja repair kit karburator untuk mio, harganya sekitar Rp.20.000. Apabila bagian ini sudah oke, mio kamu bisa hemat bahan bakar sekitar 7-12%.



45 komentar:

  1. oke juga tuh tipsnya

    BalasHapus
  2. Butuh duit berapa brow buat bikin mio jadi kayak gitu...

    BalasHapus
  3. Pusing nih dengan Mio ku ,beberapa minggu terakhir mbrebet terus, dah ganti bengkel ke mana- mana penyakit nggak bisa hilang. enaknya di apain ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibakar aj mionya..hahahah

      Hapus
    2. lg bawanya di bngkel tmbal ban si jd gabisa !! bawa ke gue sini mio lu bisa di apain aja !!

      Hapus
    3. Anonim atas, dimana daerah lu ?

      Hapus
  4. kalo me-repair kit karburator utk mio itu dmn yaa ? soalnya karbu saya vacuumnya udah gg beres .

    BalasHapus
  5. wah pake alat pengirit BBM model magnet seh mang uirit bin uenteng tarikannya tp jd sering mogok bro??pa salah masang x ya?slnya dah dicoba dibalik hasil ttp mogokan-da yg blg komponen dlm saluran alat pengirit bbmnya kesumbat sstu,,masalahnya tu alat g bs dibuka bro?!
    ne mio pk koil racing-noken as K-1,roller 9 g dah lumayan enteng tp irit 3%,rencana mo di+ cdi BRT hyperband ma busi iridium.brarti ne kurang porting-polish ya bos?

    BalasHapus
  6. Apa ada efek sampingnya?

    BalasHapus
  7. top lah tapi bro...buat spuyer nya sendiri harus di ganti jangan?

    BalasHapus
  8. Mau tanya om, gimana ya klo memasang mika d.bagian selebor mio itu kan karbu saya,saya gnti, pusing dari kemaren2 susah mau d.bautkan mananya?

    BalasHapus
  9. punya recomend bengkel gak mas bro...

    BalasHapus
  10. Paten juga tips_a...........
    Cuma aq kurang paham jja sma motor matic........
    Tpi ntar qu usahakan ntuk lbih memahami_a.......

    BalasHapus
  11. kalo di itung persen persen gantinya..bs 100% hematnya..???ckckck raumum pintere.

    BalasHapus
  12. lebih ajip lg pake seher ukuran 58,5, noken as pake kawahara aja yg k2 , pasti tuh mio nyeruntul trus dah :D

    BalasHapus
  13. mioku boros pisan tiap hari ngabisin nasi 3 piring terus sering kentut lagi wk wk wk

    BalasHapus
  14. Askum bro smwa...w mw tnya nh..mio gwe sring bngt mbrebet n trikan'y jga brat..
    Pdhal cvt'y dah w gnti yg 1500 n lorer'y pke yg 11grm..

    Bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu mrebet cek. Piston nya... mash layak gk.
      Yg kedua cek karburator nya.. permasalhnnya palingn adabdi situ.. dan jngn lupa buka busi nya terus di bersihin pake bensin.

      Hapus
  15. Wah ini dia master Mio, makasih Infonya sangat berguna, apalagi jarak tempuh ke kantor yang jauh, dengan motor mio yang sering knock benar2 terasa menghambat perjalanan (akselerasi).

    BalasHapus
  16. mampir ya ke http://frekzoom.blogspot.com

    BalasHapus
  17. maaf nich gua mau tanya, gua khan udh pke roller yg 6gr sma 9gr trz CVT' y jga pke yg 1000rpm, tpi klw d tarik msih ogah2an, tolong d bantu yua,,

    BalasHapus
  18. jangan lupa berdo'a

    BalasHapus
  19. ada sih cara bikin irit, cma feformanya kurang . 1 liter bensin dapat menempuh sekitar 80km....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gima cara ya.
      Ada ngak bengkel yg mampu megang mio jadi irit dan kencang lari y

      Hapus
  20. Buat yang lagi nyari part racing
    Mampir bro ke blog kita Blog Advie Motor Racing Shop Dan Juga Website kita Advie Motor Racing Shop

    BalasHapus
  21. MIO=Mau Irit Oke
    gini caranya,ganti pake main jet aja yang lebih kecil (bisa pake punya grand)di gedein dikit aja ,terus lubang pada box filter mio di tutup 1.dah selesai selamat mencoba.BY-U Yamaha hbm kudus.

    BalasHapus
  22. mio ku nbga kuat naik tanjakan. padahal uda di service seharga 1.900.000 di papua. apa solusinya bang

    BalasHapus
  23. nih aku kasih tips
    klw pngen mtr orsinil agan" larinya kencang+irit
    1.besarka diameter klep, yg klep masuk buang 2mm, yg klep buang buang 1mm, per klep ganti pake yg racing, awas lupa harus di skir lagi, lalu stel lagi klepnya, yg masuk stelannya di rapatkan, trus yg buang stelannya di pincangkan sekitar 0.3-0.5mm
    2.ganti roller pake yg 9gram aja biar bawahan sama atasannya seimbang
    3.ganti pear cvt pake yg 1500z, klw yg 2000 itu buat bore up'n
    4.buang saringan filter z
    5.buang saringan isi knalpot yg ori
    6.stel lagi stelan angin yg ada di karbu 3-4 putaran ke luar 3stengah juga ga pp
    7.beres tinggal seting sama satria fu masuk brapa km'y :D
    klw mau lebih mantep lagi ganti cdi'y pake cdi racing standar yaitu brt+coil'y
    monggggoooo

    BalasHapus
  24. Kalo buat mio lowrider yg pemakaian ban besar harusnya pakai roller ukuran berapa gram?? Mohon pencerahan

    BalasHapus
  25. kalo make roller 10,5 gr bakal jumping gk tuh bang

    BalasHapus
  26. Naya bos...ga bisa lari kencang apa harus ganti carbu yang baru ya???

    BalasHapus
  27. motor mio ane cuman bisa jalan max 40 km/j lemot banget apa yang salah ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mio lemot, coba cek CDI imitasi atau ori, jika itu masih ori, kemungkinan seker udah ngeplong, jadi minta di ganti piston, nanti masukan aja ke tungkang bubut terdekat yg bagus, jangan lupa buka dulu mesin nya baru belanja piston, oversize di naikan sekalian. thanks

      Hapus
    2. gan karburator merk ap ya yg bagus buat mio smile yg standart???

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Udah saya coba . Hasil nya lumayan irit ?

    BalasHapus
  30. Gan mau tanya kalo mio pengen irit+bertenaga di tanjakan gimana sal nya sya ga paham mtor metik
    Tolong saran dan perkiraan biaya nya

    BalasHapus